Bahan manipulatif pecahan

Pokok bahasan pecahan merupakan suatu hal yang abstrak bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran matematika dengan mengguna-kan bantuan bahan manipulatif untuk meningkatkan pemahaman konsep pecahan pada SDN Bumiayu I Kecamatan Kedungkandang Kota Malang.

Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen, dimana kelompok eksperimen diajar dengan menggunakan bantuan bahan manipulatif dan kelas kontrol diajar dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas. Populasinya adalah siswa SDN Bumiayu I dan SDN. Bumiayu II kelas IV, tahun ajaran 2002–2003 dan tehnik pengambilan sampel diambil seluruhnya dalam satu kelas sejumlah 40 siswa. Dari hasil pengujian homogenitas antara kelas eksperimen dan kelas kontrol tidak ada perbedaan yang jauh sehingga dapat dikatakan seimbang, maka layak untuk dijadikan sampel dalam penelitian. Untuk menguji hipotesis digunakan analisis uji–t beda pos test dan pre test. Hasil penelitian menyatakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan bantuan bahan manipulatif dapat meningkatkan pemahaman konsep pecahan pada matematika kelas IV pokok bahasan pecahan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa, pada taraf signifikan 0,5% dimana t hitung > t tabel = 224 > 200,35. Pembelajaran ini lebih efektif untuk pemahaman konsep pecahan dengan peningkatan 11,2.

Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa Pembelajaran Matematika pokok bahasan pecahan lebih efektif jika menggunakan bantuan bahan manipulatif, khususnya dalam pemahaman konsep. Sebaiknya dalam pelaksanaannya perlu di beri waktu yang panjang, agar siswa dapat mengaplikasikan dalam hitungan abstrak. Mengingat siswa sekolah dasar pada umumnya berusia 11 sampai 12 tahun, maka dalam membelajarkan hitungan abstrak perlu mempertimbangkan alat bantu yang konkrit dan menyenangkan. Alat bantu yang menyenangkan dapat diperoleh siswa dengan mudah dan berwarna warni agar menarik dan disenangi siswa. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai alternatif bagi guru dalam memilih alat bantu mengajar kususnya pada matematika pokok bahasan pecahan. Bagi para pengembang hasil penelitian ini dapat dipakai sebagai acuan dalam mengalokasikan waktu dalam penyusunan program pengajaran.

Dokumen Pecahan lengkap

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>